PERIKSA KEHAMILAN DENGAN USG - Carinfomu
News Update
Loading...

Wednesday 27 November 2019

PERIKSA KEHAMILAN DENGAN USG


   
Bagi seseorang yang pernah hamil tentu tidak asing dengan pemeriksaan USG. Namun masih banyak yang belum paham betul kapan waktu yang tepat melakukan pemeriksaan USG. USG sendiri adalah sebuah alat yang cara kerjanya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan perkembangan janin dan organ reproduksi ibu hamil. Tentu saja pemeriksaan USG aman bagi ibu dan buah hati, jadi Anda tidak perlu khawatir saat akan melaksanakan USG. Berikut waktu yang tepat untuk USG saat Anda hamil.
PADA AWAL KEHAMILAN
Setelah anda mendapatkan hasil test pack (+), anda bisa melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan jika Anda hamil. Pada awal kehamilan mungkin tampilan pada USG yang nampak jelas. Pemeriksaan USG awal ini bertujuan untuk mengetahui usia kehamilan secara akurat, posisi kantong kehamilan, serta bisa mengetahui bentuk rahim dan kedua indung telur. Pemeriksaan awal bisa Anda lakukan ± 6-13 minggu. Disarankan bagi Anda yang mau melakukan USG dengan usia kehamilan dibawah 3 bulan untuk menahan BAK sementara waktu. Agar hasil USG lebih jelas.
PADA USIA KEHAMILAN 11-14 MINGGU
Pada usia ini Anda dapat mengetahui apakah si kecil mengalami kelainan. Kelainan yg bisa dilihat adalah kelainan Sindrom Down atau kelainan Anenchepalus (kelainan dimana janin tidak memiliki tempurung kepala). Pada usia ini juga bisa memperlihatkan janin berkembang sesuai usia kehamilan atau tidak.
PADA USIA KEHAMILAN 18-23 MINGGU
Pada usia ini pemeriksaan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan cacat bawaan yang mayor dan memastikan kelainan yang telah ditemukan pada pemeriksaan pertama. Dokter Spesialis Kandungan biasanya akan menjelaskan tentang ukuran kepala janin, panjang lengan bagian ats, lingkar perut, panjang paham, berat badan, letak plasenta, posisi janin, dan anda juga bisa mendengar suara denyut jantung si buah hati.
PADA USIA KEHAMILAN 32-34 MINGGU
Tujuan pemeriksaan pada usia kehamilan ini adalah untuk megetahui ada tidaknya hambatan pada pertumbuhan janin, dan juga mendeteksi ancaman persalinan prematur. Misalkan ditemukan berat badan janin kurang, maka Dokter akan menyarankan Anda untuk makan makanan yang bergizi, sehingga pada saat memasuki waktu persalinan diharapkan berat badan si kecil dalam batas normal. Selain itu jika ditemukan posisi sungsang, biasanya Anda akan disarankan untuk posisi menungging (posisi trendelent burg) sehingga saat persalinan posisi kepala si kecil jadi dibawah.
PADA USIA KEHAMILAN 37-40 MINGGU
Pada usia mendekati persalinan, tujuan pemeriksaan antara lain untuk mengetahui pertumbuhan janin, lokasi dan keadaan plasenta (ari-ari), posisi janin (bagian terbawah janin), jumlah air ketuban serta atau tidaknya lilitan tali pusat.
Itulah garis besar beberapa waktu yang tepat untuk melaksanakan USG. Namun setiap orang memiliki kondisi khusus yang berbeda-beda. Untuk lebih jelas dan tepatnya pemeriksaan USG dilakukan, Anda bisa mengunjungi dan berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan Anda.  Semoga Anda dan calon buah hati anda selalu sehat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Our site is getting a little tune up and some love
Done